-->

Cara Cek IMEI Ponsel menggunakan situs imei kemenperin.go.id dan kode dial cek IMEI

Apa itu IMEI atau apa yang dimaksud IMEI (International Mobile Equipment Identity)pada Ponsel atau smartphone? IMEI atau Nomor IMEI pada ponsel atau smartphone adalah sebuah kode unik yang tertanam pada setiap ponsel atau smartphone yang berlaku secara internasional. IMEI juga bisa diartikan sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM untuk setiap slot kartu/simcard dikeluarkan oleh produsen Ponsel.


Cek-IMEI-Ponsel-menggunakan-situs-imei-kemenperin-go-id-dan-kode-dial-cek-IMEI


IMEI pada ponsel dapat berfungsi sebagai:
  • Mengentahui Identitas Ponsel tersebut
  • Untuk cek atau mengetahui Garansi Ponsel
  • IMEI juga dapat digunakan untuk melacak keberadaan ponsel
Nah dengan adanya IMEI pada setiap ponsel,maka bagi kamu yang ingin mengetahui Ponsel tersebut dari Negara mana,ponsel tersebut dari pabrikan mana dan IMEI juga dapat digunakan untuk cek nomor model pada masing masing smartphone. Lalu, bagaimana cara mengetahui IMEI pada ponsel, nah bagi kamu yang belum tahu cara cek imei ponsel mimin akan beritahukan cara mengetahui imel ponsel. 

Kamu bisa cek imei ponsel dengan menggunakan beberapa cara yaitu cara cek imei ponsel menggunakan dial dan cara cek imei menggunakan situs.


Cara Cek IMEI Ponsel menggunakan dial kode

  • Silahkan kamu tekan kode cek imei ponsel menggunakan kode berikut ini
  • Tekan kode cek imei ponsel *06# Kemudian OK/Yes
  • Silahkan tunggu

  • Maka kamu akan melihat informasi IMEI pada ponsel yang kam gunakan

Cara Cek IMEI Ponsel melalui settingan Ponsel

  • Buka ponsel atau smartphone kamu
  • Lalu masuk ke settingan/pengaturan
  • Lalu pilih " About Phone "
  • Lalu pilih " Status "
  • Lalu pilih IMEI Information (Maka akan terlihat IMEI ponsel yang kamu pakai)
  • Cara lain untuk cek imei juga bisa kamu lihat pada belakang ponsel dekat baterai 

Berapa jumlah IMEI pada ponsel. IMEI terdiri dari 15 angka ( Lima belas angka ) unik yang dapat dipergunakan untuk mengetahui berbagai macam bit informasi atau bisa digunakan untuk mengidentifikasikan perangkat telekomunikasi.

Nah setelah kamu mengetahui cara cek IMEI,sekarang kamu harus melakukan cek keaslian IMEI ponsel tersebut. Apakah IMEI ponsel sudah terdaftar secara resmi atau belum. Untuk mengetahui Ponsel resmi dengan cara cek imei kamu bisa membuka situs imei.kemneperin.go.id. setelah itu masukan nomor IMEI ponsel kamu yang berjumlah 15 digit tadi ke situs imei.kemenperin.go.id pada kolom yang disediakan.

Apabila ponsel tersebut adalah ponsel resmi, maka kamu akan  melihat dua informasi seperti berikut ini


IMEI sudah terdaftar di database

Itu  artinya ponsel yang kamu gunakan adalah ponsel resmi, namun jika kamu melihat informasi seperti berikut

IMEI tidak terdaftar pada database kemenperin
Artinya ponsel dengan nomor imei yang kamu cek tidak resmi

Ketika kamu membeli ponsel black market,maka iponsel yang kamu pakai tersebut tidak akan bisa digunakan untuk internetan, ponsel tidak bisa digunakan untuk nelpon,ponsel tidak bisa digunakan smsan. kenapa demikian, karena ponsel yang kamu beli adalah ponsel black market yang tidak resmi. Oleh karena itu sinyal pada ponsel tersebut akan secara otomatis akan hilang. Jika demikian, ponsel tersebut hanya bisa kamu gunakan untuk kegiatan offline saja.

Lalu, bagaimana cara membeli ponsel resmi yang sudah terdaftar. Pada saat kamu ingin membeli ponsel, kamu bisa lihat IMEI pada box / kotak ponsel yang akan kamu beli. setelah kamu mengetahui IMEI ponsel tersebut lansung saja cek melalui situs imei.kemenperin.go.id untuk memastikan IMEI ponsel tersebut apakah sudah terdaftar atau belum.

Nah itulah yang dapat admin sajikan dalam artikel singkat ini mengenai cara cek IMEI ponsel sudah terdaftar atau belum melalui situs imei.kemenperin.go.id. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisana artikel diatas yang merupakan ketidaksengajaan admin dalam menulis.

Baca Juga Artikel Terkait

0 Response to "Cara Cek IMEI Ponsel menggunakan situs imei kemenperin.go.id dan kode dial cek IMEI"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini, silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish/Lansung Admin HAPUS. Terima Kasih