-->

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Sesuai Sunnah

Apa itu malam lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam alqur'an di gambarkan sebagai malam yang baik dari seribu bulan. Malam lailatul qadar juga diperingati sebagai malam diturunkan Al qur'an. Mengapa malam lailatul Qadar lebih baik dari malam seribu bulan?

Malam Lailatul Qadar sangat banyak sekali kemulyaan yang terjadi, salah satunya adalah malam diturunkan Alqur'an. Malam Lailatul Qadar lebih baik dari malam seribu bulan, karena azbabun nuzul dari lailatul qadar itu diawali pada saat Rasulullah bercerita pada sahabat. Rasulullah bercerita bahwa para bani israil beribadah tampa maksiat selama 80 Bulan berturut-turut.


Lailatulqadar atau Lailat Al-Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan


Kemudian para sahabat juga ingin hal tersebut terjadi dan dijalani juga oleh para sahabat. Kemudian turunlah malaikat Jibril menurunkan surat Al Qadar Pada Nabi Muhammad bahwasanya umat nabi muhammad juga bisa melakukan itu dengan adanya malam lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

Bagaiaman Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar.

Malam lailatul qadar tidak bisa dipastikan hari apa, tanggal berapa dan jam berapa.Hal ini bisa dikatakan menjadi misteri yang tidak bisa dipastikan hari, tanggal dan jam malam lailatul qadar. Namun untuk menemukan malam lailatul qadar setidaknya kita bisa memperkirakan pada malam malam ganjil 10 hari terakhir ramadhan. Berdasarkan pada pendapat ulama bahwa malam lailatul qadar turun pada malam malam ganjil 10 hari terakhir ramadhan. yaitu pada malam 21,23,25,27 atau malam 29.

Para ulama juga tidak menyepakati satu tanggal saja meskipun ada hadist yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar (pernah)pernah terjadi pada malam ke 27,sebagian ulama syafiiyah berpendapat bahwa malam lailatul qadar terjadi pada malam ke 21.

Namun sebagian besar ulama berpendapat bahwa malam lailatul qadar bisa jatuh pada salah satu malam10 hari terakhir ramadhan

" Sungguh aku diperlihatkan malam lailatul qadar, kemudian aku dilupakan atau lupa, maka carilah ia di sepuluh malam terakhir, pada malam malam yang ganjil." (Muttafaq alaih).

Oleh karena itu untuk mendapatkan malam lailatul qadar atau untuk menemukan malam lailatul qadar kita bisa menemukan atau mendapatkan malam lailatul qadar pada malam malam sepuluh hari terakhir ramadhan dengan cara memperbanyak ibadah, perbanyak membaca alqur'an,perbanyak sholat sunnah,perbanyak zikir dan berdoa pada allah Swt.

Bacaan doa malam lailatul qadr:



Bacaan Latin doa Malam Lailatul Qadr:
Allaahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Annii.

Arti Doa Malam Lailatul Qadr:
"Ya Allah,Engkau Maha Pemaaf dan engkau mencintai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku" (HR.Nasai:7665, Tirmidzi:3513, Ibnu Majah: 3850, Ahmad: 25384,. Menurut Imam Ahmad dan Tirmidzi hadist ini termasuk shahih)

Berikut keutamaan malam lailatul Qadar


1.Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling Mulia

Sebagaimana dalam Firman Allah Swt:

"sesungguhnya kami telah menurunkannya(Alqur'an)pada malam kemulyaan, dan tahukah kamu apa malam kemulyaan itu. Malam kemulyaan itu lebih baik dari seribu bulan, Pada malam lailatul Qadar diturunkan malaikat malaikat dan malaikat jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh (penuh ) kesejahteraan dan kemulyaan sampai terbit fajar. QS .AL-qadr:1-5

Dalam firman Allah Swt yang telah dijelaskan diatas bahwa malam lailatul qadr adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan,malam yang penuh dengan keberkahan,malam yang penuh dengan kesejahteraan dan malam yang pernuh dengan kemulyaan.Oleh karena itu untuk mendapatkan malam lailatul qadr ada baiknya kita selalu meningkatkan ibadah, memperbanyak ibadah pada malam malam sepuluh terakhir ramadhan (Namun jangan hanya pada malam sepuluh terakhir saja kita tingkatkan ibadah, kita harus meningkatkan ibadah setiap saat.

2. Malam Lailatul Qadr adalah malam diturunkan nya Alqur'an

Firman Allah Swt: 

"Bulan Ramdhan, bulan yang didalam nya diturunkan Alqur'an". (QS. Al-baqarah :185

Salah satu yang menjadikan bulan ramadhan penuh kemulyaan dan istimewa karena pada bulan itu pertama kali alqur'an diturunkan melalui perantara "Nabi Muhammad Saw. Alqur'an diturunkan pada malam lailatul qadr,sebagaiman dijelaskan dalam alqur'an surat Al-Qasr ayat 1 yang berbunyi:

"sesungguhnya kami telah menurunkanya (alqur'an) pada malam kemulyaan " Al-Qadr:1

3. Malam yang lebih baik dari seribu bulan


Firman Allah Swt:

"Tahukah kamu apa itu Lailatul Qadr? Lailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan" (QS.Al-Qadr :2-3
4.Malam lailatul Qadr malam penuh keberkahan

5.Malam ditetapkan taqdir satu tahun kedepan

6.Malam penuh kesejahteraan

7.Malam penuh Ampunan

8.Malam lailatul Qadr malaikat malaikat turun ke bumi

9.Malam Lailatul Qadr pintu Langit di Buka

10.Malam Lailatul Qadr Pintu Neraka ditutup

11.Setan dibelengggu

12. Malam penuh kebaikan

Malam Lailatul Qadr adalah malam yang baik dari seribu bulan, mari sama sama kita perbanyak berbuat baik dan tingkatkan amal ibadah kita. Kita hidup didunia ini tidak akan lama (Hanya sementara) untuk apa kita mati matian mencari apa yang kita inginkan didunia ini jika ibadah kita lupakan,apapun yang kita cari dan dapatkan didunia ini selain amal ibadah itu tidak akan bisa membantu dan menolong kita nantinya di akhirat.

Hanya amal ibadah yang dapat membantu dan menolong kita nantinya di akhirat. Mari perbanyak berbuat kebaikan dan tingkatkan amal ibadah. Nah itulah yang dapat admin ulas dalam artikel singkat ini, semoga ulasan artikel tentang bacaan doa malam lailatul qadr, cara memperoleh malam lailatul qadr dan malam lailatul qadr jatuh pada hari keberapa. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan yang merupakan ketidaksengajaan admin dalam menulis.

Baca Juga Artikel Terkait

0 Response to "Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Sesuai Sunnah"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini, silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish/Lansung Admin HAPUS. Terima Kasih