-->

Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan Anggota Keluarga

Rasulullah Bersabda:

Agama islam berdiri kokoh atas lima dasar utama, yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat yang menyatakan bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, berpuasa dibulan Ramadhan, mengeluarkan zakat dan melaksanakan Haji ke Makkah.

Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitrah pada bulan ramadhan sebelum berakhirnya idul fitri sebanyak satu sha' kurma atau gandum atas setiap muslim merdeka atau hamba sahaya laki - laki maupun perempuan," (H.R. Bukhari Muslim)

Karena adanya kewajiban tersebut  maka kita sebagai umat ismal tidak bisa dan tidak diperbolehkan untuk meninggalkan hal yang wajib tersebut. Apa itu Zakat fitrah.  Zakat Fitrah adalah zakat diri yang mewajibkan atas diri setiap individu baik itu laki -laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat fitrah ini manusia dengan izin Allah Swt akan kembali fitrah atau bersih seperti baru lahir kembali.

Sebelum mengeluarkan zakat fitrah ada syarat dan ketentuan yang harus diketahui, salah satunya niat dan doa zakat fitrah yang harus kamu lafazkan. Niat Doa zakat fitrah untuk diri sendiri berbeda dengan niat doa zakat fitrah untuk istri, Niat doa zakat fitra untuk istri berbeda dengan niat doa zakat fitrah untuk anak, niat doa zakat fitra anak laki laki berbeda dengan niat doa zakat fitrah untuk anak perempuan. Berikut niat doa zakat fitrah baik niat doa zakat fitra untuk diri sendiri, niat doa zakat fitrah untuk istri, niat doa zakat fitrah untuk anak laki-laki dan niat doa zakat fitrah untuk anak perempuan.

1. Niat Doa zakat Fitrah untuk diri sendiri

Niat-Doa-zakat-Fitrah-untuk-diri-sendiri
Bacaan Latin:

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri 'an nafsi fardhan lillahi ta'ala

Artinya: Aku Niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Ta'ala


2.Niat Doa Zakat Fitrah Untuk Istri


Niat-Doa-Zakat-Fitrah-Untuk-Istri

Bacaan Latin:

Nawaytu an ukhrija zakaata al fitri 'an zaujati fardhan lillahi ta'ala

Artinya:

aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Ta'ala

3.Niat Doa Zakat Fitrah Untuk anak Laki-Laki



Niat-Doa-Zakat-Fitrah-Untuk-anak-Laki-Laki


Bacaan Latin:
Nawaytu an ukhrija zakaata al fitri 'an waladi fardhan lillahi ta'ala

Artinya:

Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku.............(Sebut Nama Anak) Fardhan Lillahi Ta'ala


4.Niat Doa Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan
Niat-Doa-Zakat-Fitrah-untuk-Anak-Perempuan
Bacaan Latin:

Nawaytu an ukhrija zakaata al fitri an binti fardhan lillahi ta'ala

Artinya:

Aku berniat mengeluarkan zakat untuk anak perempuanku.................(sebut Nama anak)Fardhan lillahi Ta'ala


5. Niat dan Doa Zakat fitrah untuk diri sendiri dan semua anggota keluarga Nafkah-nya kita yang tanggung

Niat-dan-Doa-Zakat-fitrah-untuk-diri-sendiri-dan-semua-anggota-keluarga-Nafkah-nya-kita-yang-tanggung


Bacaa Latin:
Nawaytu an ukhrija zakaata al fitri anni wa an jami'i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar'an fardhan lillahi ta'ala.

Artinya:
Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggungku fardhan lillahi ta'ala

6.
Niat-doa-zakat-fitrah-untuk-seluruh-orang-yang-kita-wakilkan

Bacaan Latin:
Nawaytu an ukhrija zakaata al fitri an (.................)Nama orang yang diwakilkan, fardhan lillahi ta'ala

Artinya:

Aku niat mengeluarkan zakat fitah untuk..........(sebut nama orang yang kita wakilkan) fardhan lillahi ta'ala

Zakat fitrah bisa dilakukan  sejak awal ramadhan sampai sebelum melaksanakan shola hari raya idul fitri. Jika zakat fitrah dilaksanakan atau ditunakan setelah melaksanakan sholat id, maka zakat tersebut dihitungan seperti / sebagai sedekah biasa dan dianggap belum melaksanakan kewajiban sebagai umat muslin melaksanakan zakat firah. Jadi sebaiknya jadwal mulai melaksanakan zakat fitrah dan terakhir melaksanakan zakat fitrag atau hari terakhir melaksanakan zakat fitrah atau waktu terakhir melaksanakan zakat fitrah harus kita ketahui.

Dalam aturannya zakat fitrah juga harus diberikan kepada penerima zakat yang tergolong dalam kelompok mustahik sebagai berikut:

  • Fakir
  • Miskin
  • Petugas Zakat
  • Muallaf
  • Budak
  • Orang yang terlilit hutang
  • Orang yang sedang dalam perjalanan Allah
  • Orang yang sedang dalam perjalanan Jauh, tapi bukan untuk kemaksiatan
Nah itulah niat doa zakat fitra. Perhatikan bacaan niat doa zakat fitrah apakah niat doa zakat fitrah untuk diri sendiri atau niat doa zakat fitrah untuk orang lain(bukan untuk diri sendiri) Bacaan niat doa zakat fitrah berbeda beda antara untuk diri sendiri, untuk istri,untuk anak laki-laki dan untuk anak perempuan serta niat doa zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan. Itulah yang dapat admin sajikan dalam artikel ini tentang niat doa zakat fitrah. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel singkat ini yang merupakan ketidaksengajaan admin dalam menulis.

Baca Juga Artikel Terkait

0 Response to "Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan Anggota Keluarga"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini, silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish/Lansung Admin HAPUS. Terima Kasih