-->

Cara Membuat Kelas dan Menambahkan Materi ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pengajar yang menggunakan google classroom adalah membuat kelas dan membuat tugas untuk murid-murid. Langkah-langkah membuat kelas di google classroom sangat mudah dan gampang sekali.Perangkat yang digunakan untuk mengakses google classroom bisa menggunakan komputer/laptop dan bisa juga menggunakan google classroom via android dan iOS. Setelah pengajar membuat kelas, selanjutnya bisa membuat tugas dan mengirim undangan atau kode kelas untuk bergabung dengan kelas di google classroo. Untuk kenyamanan dalam menggunakan google classroom kamu juga bisa mengubah tema kelas. 

Untuk mempermudah menerapkan langkah-langkah membuat kelas dan membuat tugas digoogle classroom, ikuti panduan berikut ini.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Pastikan pengajar telah login ke google classroom dengan mengakses situs atau aplikasi google classroom. Adapun link google classroom klik disini.

  • Buka situs google classroom

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

  • Pada halaman tersebut atau halaman kelas klik tanda tambah (+) untuk membuat kelas digoogle classroom, ada dua pilihan yaitu "Create Class" dan "Join Class". Create Class digunakan untuk membuat kelas digoogle classroom. Sedangkan Join Class adalah menu untuk bergabung dengan kelas di google classroom. Untuk membuat Kelas digoogle classroom pilih menu "Create Class", isilah data data yang diperlukan pada saat membuat kelas.
  • Setelah itu klik tulisan "Create" untuk membuat kelas
  • Selesai
Demikianlah cara mudah membuat kelas di google classroom yang perlu diketahui oleh pengajar yang ingin membuat kelas. Bagi siswa/siswi yang ingin bergabung ke kelas di google classroom namun belum tahu caranya. Untuk masuk ke kelas di google classroom atau gabung kelas ada dua pilihan yaitu gabung kelas menggunakan kode dan bergabung ke kelas menggunakan undangan yang dikirim oleh pengajar.



Cara Menambahkan Materi ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom

Untuk pengajar yang ingin memposting materi pembelajaran bisa menambahkan materi kehalaman tugas kelas seperti silabus, peraturan kelas, dan lain lain, caranya sangat mudah kok. Untuk langkah lebih jelasnya cara menambahkan materi ke halaman tugas kelas di google classroom ikuti panduan berikut.

  • Pastikan sudah login ke google classroom dengan memasukan email dan password (Link Login)
  • Klik pada tulisan "Kelas" lalu pilih "Tugas Kelas"
  • Kemudian pada bagian atas klik "Buat" lalu pilih "Materi"

Cara Menambahkan Materi ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom
  • Kemudian "Buat Judul " dan isi " Deskripsi"

Cara Menambahkan Lampiran di Google Classroom


Untuk melengkapi materi pembelajaran, kamu bisa menambahkan File belajar atau video dari youtube dengan cara upload file dengan cara klik Lampiran, kemudian pilih file dan klik Upload.

1.Cara melampirkan File:
  • Klik" Drive"
  • Pilih file atau item yang ingin di upload, kemudian tambahkan

2.Cara Melampirkan atau menambahkan video youtube kedalam materi pembelajaran di google classroom klik logo youtube, lalu pilih opsi. sedangkan untuk menelusuri atau mencari video yang akan dilampirkan

  • pada kotak pencarian, masukan kata kunci atau nama video. Kemudian tekan tombol search/cari
  • Lalu klik Video dan tambahkan
3.Cara Melampirkan Link Video ke Halaman Materi Tugas Kelas di Google Classroom

  • Klik URL
  • Masukan Link atau Url video, kemudian klik tambahkan
  • Selesai

Cara Memposting Materi kesatu kelas atau banyak kelas di Google Classroom


Apabila pengajar telah selesai membuat materi pembelajaran dan ingin memposting di google classroom. ikuti panduan berikut ini

Cara Memposting Materi kesatu kelas atau banyak kelas di Google Classroom

  • Disamping "UNTUK" klik tanda panah kebawah, kemudian pilih salah satu kelas atau beberapa kelas yang ingin kamu bagikan lampiran tersebut


Nah itulah cara membuat kelas di google classroom dan cara menambahkan materi ke halaman tugas kelas di google classroom. Kamu juga bisa memposting ke siswa tertentu saja dan untuk semua siswa. Banyak maaf bila ada salah kata dalam penulisan artikel ini.

Baca Juga Artikel Terkait

0 Response to "Cara Membuat Kelas dan Menambahkan Materi ke Halaman Tugas Kelas di Google Classroom"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini, silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish/Lansung Admin HAPUS. Terima Kasih