-->

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Mungkin kamu pernah mengalami kendala saat menggunakan jaringan wifi. Pada saat kamu menghubungkan perangkat dengan wifi lansung tersambung, tapi saat digunakan untuk akses internet seperti browsing, chatting dan membuka youtube tidak bisa. Jika sudah begini pastinya kamu bingung. Nah untuk mengatasi hal tersebut pastinya kamu ingin tahu cara mengatasi wifi yang tersambung tapi tidak bisa membuka internet.  Memggunakan jaringan wifi untuk akses internet pastinya dengan tujuan menghemat paket data, atau solusi internet gratis.


cara-Mengatasi-Wifi-Terhubung-Tapi-Tidak-Bisa-Akses-Internet

Untuk itu admin akan membuat artikel yang sekiranya dapat membantu atasi masalah yang sedang atau pernah kamu alami yaitu tidak bisa membuka internet padahal wifi tersambung.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Menggunakan Wifi Yang Terkoneksi


Banyak orang yang memilih enggan membeli paket data internet, hal tersebut tentunya dengan alasan yang bermacam-macam. Mungkin karena faktor keuangan, kemudian ada juga yang mempunyai wifi sehingg tidak perlu membeli paket internet untuk mengakses internet.

Menghubungkan perangkat smartphone dengan wifi terkadang tak semulus harapan yang diinginkan, ada kalanya kamu menemukan masalah dimana wifi tersambung dengan perangkat android atau iOS, tapi tidak bisa dipakai untuk internetan.


Penyebab Wifi Tidak Bisa Internetan Tapi Terhubung Pada Perangkat

Ketika kamu menggunakan jaringan wifi untuk internetan, artinya tak perlu membeli paket data alis internetan gratis. Wifi terhubung dengan smartphone tapi tidak bisa akses internet disebabkan oleh beberapa faktor seperti ada kesalahan pada perangkat yang kamu pakai. Misal nya kerusakan pada hardware, kekuatan sinyal,gangguan jaringan ,kerusakan pada kabel optik hingga infek malware.

Tapi tidak usah kawatir dulu, jika kita berusaha mencari solusi wifi terhubung dengan hp tapi tidak bisa internetan tentunya dapat diatasi. 

Cara Mengatasi Wifi Android Terkoneksi  ke Hotspot Tapi Tidak Bisa Internetan

Apabila kamu menggunakan wifi smartphone untuk mendapatkan jaringan internet dari hostpot seluler ponsel teman kamu, koneksi wifi terhubung akan tetapi tidak bisa internetan.Berbagai kendala yan ditemukan saat menggunakan jaringan wifi, untuk itu akan kita bahas satu persatu cara mengatasi wifi yang terhubung tapi tidak bisa membuka internet.

1.Cara Mengatasi Wifi Android Terhubung ke Hotspot Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Meskipun kamu sudah berulang kali mencoba untuk menghubungkan wifi ke hotspot celular yang terhubung, lalu coba untuk akses internet tidak bisa. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi sinyal. Sinyal pada jaringan ponsel yang memberikan kamu internet gratis (Ponsel membuka hotspot) Lemah, otomatis jaringan internet yang kamu terima melalui wifi juga akan lemah. Oleh karena itu,pastikan dulu kekuatan sinyal pada ponsel yang memberikanmu akses internet via hotspot yang dihubungkan melalui wifi pada ponsel kamu yang menerima. cara mengatasi jika lemah sinyal bisa pindah lokasi yang terbuka, coba juga untuk restart ponsel, lalu coba juga untuk mengaktifkan mode pesawat (Mode Air Plane), selain itu kamu juga bisa reset/refresh jaringan dengan cara memindahkan jaringan utama ke jaringan yang lain dengan cara

  • Masuk ke pengaturan
  • Lalu pilih koneksi
  • Pilih "Jaringan Seluler"
  • Pilih "Operator Jaringan"
  • Lalu pilih "Secara Manual"
  • Jika kamu menggunakan kartu Telkomsel,ubah sementara/pindahkan sementara jaringan ke selain Telkomsel (INDOSAT, AXIS, XL,TRI & SMARTREN) sekitar 10 detik saja, setelah itu kembalikan lagi ke jaringan utama yaitu Telkomsel
  • Lalu coba aktifkan kembali hotspot dan wifi setelah resfresh jaringan
  • Semoga bermanfaat dan berhasil

Selain itu kamu juga coba masuk ke pengaturan diponsel kemudian pilih "Network & Internet", kamu akan melihat status dari wifi yang kamu hubungkan ke ponsel, jika tertulis "Connected"Artinya memang sudah terhubung. Tapi jika ada tulisan "No Internet" Artinya tidak bisa mengakses internet meskipun ponsel terhubung dengan wifi.

Lalu klik "Jaringan Wifi" tersebut lalu pilih "Forget", Lanjut coba hubungkan kembali dengan jaringan wifi,jika wifi dikunci dengan password masukan password wifi. Seharusnya setelah kamu memasukan password kamu sudah bisa terhubung dengan jaringan wifi dan mengakses internet.

Tapi jika langkah mengatasi wifi yang terhubung tapi tidak bisa membuka internet seperti langkah diatas belum membuahkan hasil, kamu bisa coba kembali melakukan tips berikut ini

  • Klik kembali pada "Forget"
  • Kemudian hubungkan lagi perangkat dengan wifi
  • Masukan Password Wifi
  • Tapi jangan Hubungkan dulu (JanganTekan Dulu Connect)
  • Lanjut pilih menu "Advanced Option"
  • Kamu akan melihat laman IP yang bisa kamu isi dengan tujuan bisa membuka internet menggunakan jaringan wifi yang telah terhubung dengan perangkat. Pilih "Static", selanjutnya masukan IP pada kolom yang tersedia. Masukan alamat IPnya yang dimulai dengan alamat IP 192.168.1.X (X adalah IP yang digunakan untuk akses internet, biasanya angka pada tulisan X itu pasti berbeda-beda)Setelag itu baru pilih "Connect"
  • Jika berhasil akan terlihat tulisan "Connected" dan seharusnya masalah wifi terhubung sudah bisa mengakses internet

2. Cara Mengatasi Tidak Bisa Akses Internet Tapi Wifi Terhubung Dengan Cara Cek Password Wifi

Pada umumnya wifi diberi password oleh pemiliknya,hal ini bertujuan agar tidak sembarangan orang yang bisa mengakses wifinya. Apabila kamu mengaktifkan wifi pada ponsel,lalu ada wifi yang terbaca dan terhubung. Jika wifi dikunci atau wifi diberi password, tapi kamu tidak memasukan password wifi / salah memasukan password wifi. Halini juga bisa menyebabkan tidak bisa mengakses internet meskipun jaringan wifi terhubung

3. Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tapi Tidak dapat Menggunakan Internet Dengan Cara Cek Waktu dan Tanggal

Pengaturan jam dan tanggal juga dapat mempengaruhi tidak bisa membuka internet pada ponsel, hal ini juga berlaku untuk kamu yang menggunakan jaringan wifi. Cara cek jam dan tanggal ponsel sangat mudah,silahkan masuk ke pengaturan, lalu masuk ke manajemen umum. Cari Tanggal dan waktu, sesuaikan jam dan tanggal dimana kamu berada. Setelah itu coba ulang kembali untuk menghubungkan ponsel ke jaringan wifi.


4. Cara Mengatasu Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Buka Internet di PC/Windows (Komputer dan Laptop)


Jika kamu menggunakan perangkat komputer dan laptop untuk akses internet menggunakan jaringan "Wifi" dan menemukan kendala wifinya telah terhubung tapi tidak bisa membuka internet (tidak konek ke internet), kamu bisa atasinya dengan cara mereset pengaturan jaringan

1. Reset Pengaturan Network (Jarigan Wifi)


  • Silahkan masuk ke windows setting dengan cara menekan tombol "Windows + I pada keyboard,kemudian pilih menu "Network & Internet"
  • Kemudian cari menu "Network Reset", menu ini berfungsi untuk mereset jaringan dikomputer maupun laptop
  • Lalu pilih "Reset Now"
  • Ketika kamu menemukan pertanyaan "Are You Sure Want To Reset  Your Network Setting? Pilih YES
  • Selesai
  • Kemudian coba hubungkan kembali perangkat dengan wifi lalu masukan password wifi,setelah terhubung perangkat ke wifi dan coba buka internet. Semoga berhasil

2.Cara Mengatasi Perangkat Terhubung ke Wifi Tapi Tidak Bisa Internetan Menggunakan Reset Pengaturan TCP/IP

Jika langkah-langkah diatas masih belum bis mengatasi wifi yang terhubung tapi tidak bisa internetan, kamu bisa coba atasi dengan cara reset TCP/IP pada windows dengan cara berikut ini


  • Klik Start
  • Lalu ketikan tulisan "CMD" (Command Prompt)pada kolom "search"Lalu klik padan pada tulisan "CMD" dan pilih "Run as Administrator"
  • Kemudian silahkan kamu ketik " Netsh Int IP Reset" Lalu tekan "ENTER" Tunggu sampai proses reset sampai selesai
  • Setelah itu coba hubungkan kembali perangkat ke Wifi dan masukan password wifi, lalu connet dan kamu sudah bisa internetan



Demikianlah cara mengatasi perangkat terhubung dengan wifi tapi tidak bisa internetan. Semoga dengan adanya cara mengatasi wifi tersambung dengan laptop tapi tidak bisa membuka internet dapat menambah informasi kamu yang belum tahu cara mengatasi Wifi no acces internet diwindows. Sebenarnya cara mengatasi wifi indihome tidak ada akses internet sangat mudah kok. Salah satunya cara diatas bisa kamu terapkan ketika menemukan masalah pada jaringan wifi tersambung tapi tidak bisa internet di hp. Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas yang tidak disengaja.

Baca Juga Artikel Terkait

0 Response to "Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini, silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan. Komentar berisi Link Aktif, Promosi Produk Tertentu, J*di, P*rn*, Komentar berbau SARA dan Permusuhan, tidak akan dipublish/Lansung Admin HAPUS. Terima Kasih