Cara Mendapatkan Kuota Gratis Untuk Siswa, Mahasiswa,Guru dan Dosen

Untuk meningkatkan program belajar mengajar antara siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Melalui informasi yang diumumkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pemerintah akan memberikan bantuan berupa kuota internet gratis selama empat bulan kedepan terhitung sejak bulan september hingga desember 2020. Untuk pelajar akan diberikan bantuan kuota internet gratis dengan total kuota 35GB, Kuota gratis untuk guru mendapatkan 42GB. Kemudian Kuota untuk mahasiswa dan Dosen mendapatkan 50GB.


Cara-Mendapatkan-Kuota-Gratis-Untuk-Siswa-Mahasiswa-Guru-dan-Dosen


Bantuan kuota internet gratis diberikan untuk mendukung program belajar dirumah, belajar dalam jaringan (Daring) selama masa pandemi covid-19. Kuota gratis dari pemerintah tidak bisa kamu gunakan untuk internetan, kamu tidak bisa menggunakan kuota belajar untuk sosial media, kamu juga tidak bisa mengubah kuota gratis dari pemerintah untuk whatsApp. Artinya kuota gratis bisa kamu gunakan untuk mengakses aplikasi dan situs  yang telah ditentukan dalam keterangan kuota gratis.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

Cara Mendapatkan Kuota internet gratis untuk pelajar/siswa dari kemendikbud adalah dengan mengumpulkan nomor HP masing-masing siswa, jadi setiap guru akan mendata nomor siswa lalu dikumpulkan. Nomor HP siswa yang telah didata dan telah berhasil dikumpulkan tersebut akan diberikan kepada kepala satuan pendidikan.

Bagi siswa yang tidak mempunyai nomor HP, bisa menggunakan nomor HP orang tuanya.  Bagi siswa yang belum mendapatkan kuota gratis akan ada tahap selanjutnya. dari informasi yang admin dapatkan dari berbagai sumber waktu untuk menginput nomor penerima bantuan kuota gratis dibuka sampai tanggal 11 September 2020. Jadi untuk siswa yang belum memberikan nomor HP pada guru agar segera mendaftarkan nomor agar bisa mendapatkan bantuan kuota gratis. Kemudian setelah data (nomor HP) dikumpulkan, lalu akan di input kedalam aplikasi Dapodik.

Dengan adanya bantuan kuota gratis ini tentunya disambut baik oleh banyak pihak atau kalangan, terutama bagi yang berhak menerima bantuan kuota gratis dari kemendikbud (siswa, mahasiswa, guru dan dosen) kita berharap dengan adanya bantuan kuota internet gratis ini semoga bisa mendrongkak semangat siswa, mahasiwa untuk menimba ilmu, dan guru serta dosen juga semakin bersemangat untuk memberikan bimbingan serta ilmunya.

Kapan Kuota Gratis diberikan

Mungkin pertanyaan ini akan terlintas bagi penerima kuota gratis (kapan kuota gratis diberikan), untuk mendapatkan kuota internet gratis dari kemendikbud tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus kamu ketahui, adapun salah satu syaratnya adalah dengan memberikan / mendaftarkan nomor HP pada masing-masing sekolah. Kemudian nomor HP penerima bantuan kuota gratis dari kemendikbud akan di input dalam aplikasi dapodik.

Apa itu Dapodik. Data Pendidikan Pokok atau bisa kita sebut dengan dapodik adalah Sistem pendataan Skala Nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan Nasional, yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan bibit unggul atau anak-anak bangsa yang cerdas dan kompetitif.

Saat ini proses untuk mengiput nomor HP masing-masing penerima bantuan kuota gratis masih dibuka, artinya jadwal pemasukan data nomor Handphone penerima kuota gratis diperpanjang hingga 11 September 2020. 

Jadi selama proses pengimputan nomor HP dalam aplikasi dapodik masih dibuka, maka kuota gratis belum bisa kamu terima. Nanti setelah semua nomor HP telah selesai di masukan dalam aplikasi dapodik kamu yang berhak mendapatkan bantuan kuota internet gratis akan lansung menerima kuota gratis. Jadi artinya kamu harus bersabar hingga proses pemasukan data selesai. Untuk informasi lebih lanjut kamu juga bisa meminta informasi dari guru terkait kapan kuota gratis diberikan.

Informasi dari Surat pemberitahuan nomor 8310/C/PD/2020 tentang perihal pemberian kuota gratis bagi peserta didik, berikut hal-hal yang disampaikan

  • Tenggat waktu pengimputan nomor handphone peserta didik kedalam aplikasi "Dapodik" diperpanjang hingga tanggal 11 September 2020
  • Pemberian pulsa akan diberikan berdasarkan nomor Handphone yang telah di input dalam aplikasi "Dapodik"
Dengan adanya informasi yang tertuang dalam surat pemberitahuan tersebut, bisa kita ambil kesimpulan bahwa peserta akan mendapatkan bantuan kuota gratis ketika nomor HP telah selesai di input dalam aplikasi Dapodik. 

Kemudian ada juga surat edaran Dirjen Dikti tentang program pemberian kuota internet bagi mahasiswa dan dosen dengan total kuota 50GB perbulan yang meliputi hal-hal berikut

  • Melakukan pemutakhiran data kontak mahasiswa dan dosen sesuai dengan surat kami sebelumnya nomor 813/E.E1/TI/2020 tertanggal 21 Agustus 2020 tentang pemutakhiran Data pada pangkalan Data Pendidikan Tinggi(PD Dikti)
  • Melengkapi dan melakukan validasi data seluruh mahasiswa aktif dan dosen aktif terutama data nomor seluler yang masih berlaku(panduan teknis akan disusulkan melalui petugas pengelola meja layanan/helpdesk PD Dikti
  • Melakukan pengalihan bantuan serupa yang sudah dilakukan agar tidak terjadi duplikasi bantuan
proses pemutakhiran data ini dilakukan hingga selambatnya jum,at 11 september 2020. Dengan demikian proses penginputan data (nomor HP bagi penerima bantuan kuota internet gratis akan berlansung hingga 11 september 2020. Untuk itu sebaiknya bersabar menunggu kuota internet gratis dari pemerintah.

Demikianlah yang bisa admin ulas dalam artikel ini tentang cara dapat kuota gratis dan informasi tentang kapan kuota gratis diberikan, banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel yang tidak admin sengaja.

Baca Juga Artikel Terkait

0 Response to "Cara Mendapatkan Kuota Gratis Untuk Siswa, Mahasiswa,Guru dan Dosen"

Post a comment